Juventus,Riwayatmu Kini…


Saya mao ngomongin tim terbaik sepanjang masa ah (menurut saya). Buat yang udah tau ato sealiran sama saya, pasti tau kalo tim terbaik saat ini adalah Juventus.

Sejarah Singkat

Yoi, tim yang berasal dari kota Turin di Italy yang berdiri pada 1 November 1897. Nama klub ini berasal dari bahasa latin, yang berarti masa muda. Awal berdiri klub ini adalah dari sebuah inisiatif para pemuda Turin tuk membuat klub sandingan yang di siapkan buat melawan klub kota Turin yang sudah ada duluan, Torino. Juventus adalah anak perusahan dari perusahaan raksasa Italy bernama FIAT Group. Seperti yang kita tau, Fiat Grup juga membawahi Ducati Corse, F1 Scuderia Ferarri dan lainnya. Saat ini, FIAT Group dan juga Juventus di miliki oleh keluarga Agnelli. Oh iya, warna kostum pertama Juve adalah pink, namun karena tidak menunjukkan semangat pemuda, pada taun 1903, mereka merubah warna kostum Juve menjadi hitam putih, yang di ciptakan oleh seorang Inggris bernama John Savage. Yang akhirnya sampe sekarang, warna itu menjadi warna kebanggaan Juventus. Para juventini pasti tau logo kebanggan Juventus, yang ternyata, sudah mengalami 4 kali perubahan desain. Dan logo saat ini adalah yang terbaru. Setiap tim pasti memiliki julukan, dan Juve pun memilikinya. Mulai dari La Vecchia Signora, yang berarti Si Nyonya Tua, atau Bianconeri, yang berarti hitam putih, juga ada la Fidanzata d’italia, yang berarti Pacar Italia, dan yang terakhir adalah le Zebre atau Zebra, merujuk pada kostum kebanggan Juve.

Prestasi

Untuk di Italy, Juventus adalah tim terbaik, ini di buktikan dengan raihan 27 gelar liga Italia, seharusnya lebih banyak kalo ga di curi InterMilan tim lain. Secara total, Juventus udah meraih 51 gelar kejuaraan resmi. Dengan rincian, 27 scudetto, 1 juara serie B, 9 piala Italia, 4 piala super Italia, 2 piala Liga Champions, 1 piala dunia AntarKlub, 3 piala UEFA, dan 2 piala Super Eropa. Rentetan prestasi ini membuat Juventus menjadi klub tersukses ke 3 di Eropa dan ke 6 di dunia. Sudah habis?, blom, Juventus juga menjadi satu-satunya klub di dunia yang berhasil memenangi seluruh kejuaraanliga  nasional dan juga kejuaraan Internasional dalam 1 musim. Itu terjadi tepatnya di tahun 1985. Dan pada tahun yang sama juga, Juventus menjadi satu-satunya klub di Eropa yang mampu menguasai seluruh kejuaraan di eropa dalam 1 musim.

Juventus juga menjadi salah satu klub sepakbola di dunia yang memiliki supporter dan fans terbesar di dunia. Tercatat pada tahun 2006, ada sekitar 170 juta fans Juventus hanya di dataran Eropa. Gila ga tuh??!!. Karena kekayaan Juve yang melimpah, klub ini menjadi pencetus ide European Club Association, yang dulu di kenal dgn nama G-14. Juventus juga terkenal dari dulu sebagai pemasok pemain di timnas Italia, karena kebijakan transfer Juve yang lebih mengutamakan pemain lokal. Inter??, tim mana tuh?? 😛

Dan pada musim depan, 2011-2012, Juve menjadi satu-satunya (lagi) klub di Itali yang memiliki stadion sendiri.

Para Pelatih Sukses

Di balik sejarah dan prestasi Juve, ada beberapa nama pelatih yang bia membuat Juve seperti sekarang, selain tentunya sokongan dana dan dukungan dari keluarga Agnelli selaku pemilik klub. Siapa aja ya pelatih yang menurut saya sukses di Juventus??, nih dia!!!

  • Jeno Karoly. Bukan, dia bukan pelatih yang tergolong sukses, saya masukkin kesini karna dia-lah pelatih pertama Juve di era kepemilikan Agnelli di taun 1923. Eh iye, asalnya dari Hongaria.
  • Giovanni Trapattoni. Pelatih asli Italy yang akrab di panggil Mr. Trap ini merupakan pelatih tersukses di Juventus, di buktikan dengan rentetan gelar, seperti 6 gelar liga Italia, 2 piala Italia, 1 gelar liga Champions, 2 piala UEFA dan 1 piala Interkontinental. Mr. Trap melatih selama 2 periode, antara 1976-1986 dan 1991-1994.
  • Marcello Lippi. Pria berambut putih yang berasal dari Viareggio, Toscana, Italia. Merupakan berkah kedua setelah Mr. Trap yang menjadi pelatih Juve. Bergabung pada tahun 1994-1999, lalu keluar tuk melatih Inter, karna ga betah, balik lagi ke Juve pada musim 2001-2004. Dia meraih 5 gelar liga Italia, 1 piala Italia, 4 piala super Italia, 1 piala Liga Champions, 1 piala Super Eropa, dan 1 piala Interkontinental. Sempat 3 kali masuk final Liga Champions. Lippi terkenal sebagai pelatih yang pintar menjadikan pemain biasa menjadi pemain bintang. Seperti Zidane, Edgar Davids, Thuram, Nedved, Inzaghi, dan jangan lupa il capitano Del Piero. Sampe sekarang, publik Turin masih menanti kembalinya Pria berambut Putih ini.
  • Fabio Capello. Pria yang semasa menjadi pemain ini pernah membela Juventus. Datang di tahun 2004 untuk menggantikan Lippi. Memenangkan 2 gelar scudetto selama 2 musim melatih sampe tahun 2006. Sayangnya, 2 gelar ini di copot karena kasus Calciopoli yang terkesan di buat-buat tuk meruntuhkan dominasi Juve.
  • Didier Deschamp. Pria Perancis yang juga pernah membela Juve saat menjadi pemain. Saya masukkan sebagai pelatih sukses karena bisa membawa Juve kembali ke serie A dari serie B hanya dalam semusim. Sebenernya dia pelatih berprospek cerah, sayang, manajemen Juve saat itu memilih mendepaknya dan meminang Ranieri.

Legenda

Nah, ngomongin legenda Juve, ada banyak ne!!, saya ceritain dikit aj yak per-orangnya. saking banyaknya legenda Juve, saya sebutkan aja yak!!. Ada Gaetano Scirea, Pietro Anastasi, Romeo Benetti, Roberto Bettega, Carlo Bigatto, Zibi Boniek, Giampiero Boniperti, Felice Borel, Sergio Brio, Gigi Buffon, Antonio Cabrini, Umberto Caligaris, Mauro Camoranesi, Fabio Capello, Franco Causio, John Charles, Giampiero Combi, Antonio Conte, Antonello Cuccureddu, Ale Del Piero, Didier Deschamps, Luis Del Sol, Angelo Di Livio, Ciro Ferrara, Giuseppe Furino, Claudio Gentile, Paolo Montero, John Hansen, Pavel Nedved, Raimundo Orsi, Carlo Parola, Angelo Peruzzi, Gianluca Pessotto, Michel Platini, Pietro Rava, Fabrizio Ravanelli, Virginio Rosetta, Paolo Rossi, Sandro Salvadore, Lucidio Sentimenti, Omar Sivori, Stefano Tacconi, Alessio Tacchinardi, Marco Tardelli, Moreno Torricelli, David Trezeguet, Gianluca Vialli, Zinedine Zidane, Dino Zoff. Dan ke 50 orang ini akan di abadikan namanya di stadion baru Juve. Keren ga tuh??

Kurang lebih itu deh sejarah singkat dari tim kebanggan saya, Juventus FC. Baca dan sebarkanlah kalo anda mengaku Juventini!!!

Inget, “true man never leave his lady”

Forza Juventus!!!!

Iklan

One response to “Juventus,Riwayatmu Kini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s