Mesra yang Bermasalah


Makin kemari, makin ga ngerti aja saya sama tingkah laku para anak muda. Banyak banget gayanya. Ya saya juga pernah masih muda, pi maksudnya, saya agak-agak risih dan bermasalah sama anak-anak muda yang umurnya di bawah saya. Bikin ngeri. Entah gimana cara mereka tumbuh gede, ga tau juga pengaruh apa yang masuk, pi yang pasti bikin banyak orang (termasuk saya) jadi risih menjurus ke nyolot ngliat tingkah mereka.

Salah satunya cara mereka pacaran. Duh, eneg banget deh merhatiinnya. Bukan, saya bukan secara khusus merhatiin mereka, ngapain juga, kerajinan banget. Tapi kadang, hal begitu terjadi dengan sendirinya di sekitar saya. Gampang banget kok nemuin yang begitu hari-hari begini.

Dari mulai cium-ciuman di tempat gelap, ampe yang memanfaatkan ruang publik untuk mesum udah saya temuin. Kemaren aja pas lagi jalan sama temen, saya nemuin sepasang orang geblek muda-mudi yang mencoba gaya baru naek motor, yaitu naek motor sambil cipokan. Iyah, cipokan bibir. Bener, di tengah jalan!!!!. Gila ga tuh??. Dan pas saya perhatiin, pelakunya adalah anak-anak kecil muda yang SMP aja blom lulus. Parah, sumpah parah!!!. Abis ngeliat itu, saya jadi mikir, ini yang salah apanya yak??, orang tua, lingkungan, sekolah, ato cara pikir tu anak sendiri yang kelewat gila bates??.

Ada lagi kejadian laen yang ga kalah nyolotin dan bikin ati saya ngeleres. Jadi ceritanya ada orang yang maen ke kantor, pasangan gitu deh. Masih kecil-kecil tapi, SMP kalo ga salah. Awalnya, saya sama temen sih ga ada masalah, orang niat mereka kan maen. Eh, pas kita meleng sedikit, mereka satu persatu lari ke kamar mandi. Kita kira sih ngapain gitu, tapi kok lama ga keluar mereka berdua. Akhirnya kita samperin dah, dan situh tau, ternyata mereka berada dalem kamar mandi yang sama. Lagi ngapain yak??, yang jelas bukan pada kencing bersama. Tepatnya sih ngebokep bareng. Asli ancur banget!!, ga abis pikir mereka sebegitunya. Kalo pun emang ga bisa nahan nafsu birahi, ya mbok jangan di tempat orang. Hotel-hotel coro kelas melati ya banyak. Ga punya duit??, ya ga usah pacaran mendingan. Pada mo jadi apa gitu yak, dari kecil dah belajar begituan. Iya kalo sampe nikah. Yang kesian kan kalo pas cowoknya puas N si cewe di tinggalin deh. Selesai.

Salahnya darimana ya??, saya pikir kalo soal tingkat edukasi sih ga mungkin, mereka udah di suapin sebegitu banyak ilmu di sekolahan, masalah agama?, bisa jadi, ato masalah moral?, itu dia mungkin. Juga jangan lupa dengan budaya yang makin aneh aja. Salahkan media, karna setau saya, media tuh yang selama ini dengan tenangnya ngumbar-ngumbar hal beginian. Dari mulai acara gossip mpe pnayangan film. dan kebanyakan kan anak-anak kecil begitu masih labil. Mereka mencontoh dan menelan bulat-bulat apa yang mereka liat. Apalagi kalo itu di lakukan sama orang yang mereka puja. Saya rasa media tau, ngerti banget malah, tapi atas nama rating dan share yang tinggi, masalah begituan mah persoalan belakangan. Yang penting acara mereka laku. Masalah menurunnya moral generasi muda, itu bukan urusan mereka. Media cuman nyekokin doank. Ga lebih ga kurang.

Terus gimana cara nyelesainnya?, tau deh. Selain media, otak si anak itu sendiri kudu di pertanyain. Ga masalah mereka begitu, tapi setidaknya ya punya malu dan rasa sensitifitas lingkungan dunk. Mang mereka kira semua tempat publik itu bebas, sampe mereka bebas berekspresi??.

Saya dulu nakal, tapi untungnya ga senakal itu. Sekedar gambaran, saya baru kenal yang namanya ciuman bibir ya umur 17an. Itu juga maksa, kepengen tau rasanya. Anak-anak jaman sekarang mah SMP aja udah pada ngerasain. Gila.

Pesen saya, buat para orang tua, lebih di perhatiin deh gerak-gerik anaknya, bukan di proteksi ya!!, tapi lebih sekedar di pantau aja. Kalo sampe ada apa-apa kan, sampeyan juga yang repot. Bedul??. Karna yang saya liat jaman sekarang ini, ortu cenderung ngebebasin anak-anaknya, asalkan ga rungsing n anteng, mereka diem dah. Padahal mereka ga tau gimana tingkah anaknya di luaran. Contohnya banyak. Banyak banget sobh!!!. 🙂

Ya semua sih berpulang sama orang-orang yang terlibat lansung sama tumbuh kembang anak-anak itu, macem guru, ortu juga lingkungan. Apa udah bener blom lingkungan tempat mereka sekarang?. Lebih baik ngawasin dari sekarang deh, daripada “sakit” duluan.

SELESAI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s