Berita Seminggu Ini


Seminggu ini banyak cerita terjadi, banyak pula berita terbuat. Di Indonesia apalagi, negara dengan sumber berita yang melimpah. Mau apa? Gosip artis? Ada. Politik? Ada. Udah, pokoknya banyak. Kali ini, ijinin saya buat ngereview berita selama seminggu ini, yang jelas dari sudut pandang saya.

Yang pertama soal Sondang Hutagalung, si pelaku bakar diri yang terjadi di depan istana. Penyebabnya diduga sebagai bentuk unjuk rasa kepada Presiden atas rasa apatis dengan situasi yang terjadi di bangsa ini. Sondang sendiri akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu sore, 10 Desember 2011 kemaren. Kejadian ini mengingatkan saya pada kejadian bakar diri epic yang pernah dilakukan oleh seorang biksu biksu Buddha yang bernama Thich Quang Duc, membakar dirinya sendiri di sebuah persimpangan padat pusat kota Saigon, Vietnam pada tanggal 11 juni 1963. Biksu Thich Quang Duc melakukan hal yang dikenal dengan istilah The Self-Immolation (pengorbanan diri sendiri). Ritual ini adalah untuk menunjukkan sikap protes menuntut kesamaan hak bagi para penganut ajaran Buddha. Kabarnya si biksu ini menjalani proses bakar diri dengan tenang, tak ada suara yang keluar dari bibirnya, tak ada penolakan atas panas api yang membakar dirinya hingga dirinya terbakar hangus. Konon pula saat akan di kremasi, hati sang biksu ini masih utuh dan sampai saat ini masih disimpan di Buddhist Temple. Salut untuk Sondang, yang berani mengorbankan diri sendiri demi menyuarakan isi hatinya, dan mungkin isi hati kita semua terhadap pemerintah. Di kalangannya, Sondang dikenalnya sebagai sosok yang resah dengan situasi yang ada. Ia punya komitmen dengan hak asasi manusia, kesejahteraan rakyat, buruh, dan lain-lain. Apakah Sondang pantas disebut pahlawan? Bisa iya, bisa tidak. Situ gimana?

Yang kedua tentang tertangkapnya Nunun. Oh Nunun, akhirnya kau bisa tertangkap, akhirnya Adang tak lagi menjadi jomblo, dan semoga akhirnya dapat membuka tabir dalang utama kasus suap `traveller cheque` pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Goeltom. Dikabarkan Nunun tertangkap saat sedang berada di Thailand. Ternyata mudah menangkap Nunun, tak perlu jauh-jauh, namun mengapa harus menunggu waktu lama, dan kenapa lagi harus menunggu hari anti korupsi internasional? Oiya, bagi yang belum tau, Nunun itu telah jadi buron aparat penegak hukum RI, dan meminta pihak Interpol untuk memburunya ke sejumlah negara tempat pelariannya. Hanya Tuhan dan KPK yang tahu jawabnya. :p

Hei, Angelina Sondakh sekarang punya pacar!! Padahal saya, dan mungkin juga situ, masih inget dong gimana nangisnya doi waktu suaminya meninggal? Inget dong waktu dia bilang kalo susah menemukan sosok seperti suaminya? Lah, sekarang dia malah ngedeketin cowo laen, penyidik KPK pula. Apa kabar air mata? Apa kabar nangis-nangisnya? Gini, selain dikabarkan berhubungan asmara dengan penyidik KPK, Angie juga diduga terkait dugaan kasus suap proyek Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. Ia diduga menerima uang miliaran rupiah untuk mengamankan anggaran proyek itu lancar di Komisi IX DPR. Waduh! Ini apa lagi ini? Apa lagi hah? :p

Terus nih ya, tau pisang dong? Nah, baru aja saya denger tadi siang kalo ada seorang ulama di Eropa yang melarang wanita meraba pisang karena katanya sih mirip ama penis (dari dulu emang udah mirip kaleeeee). Ulama di Eropa itu juga bilang kalo wanita seharusnya tidak mendekati ataupun memegang pisang atau ketimun. Alasannya, agar kaum hawa tidak punya pikiran kotor alias ngeres. Kalo pun harus berhubungan dengan yang namanya pisang atau ketimun, sebelumnya buah-buahan itu sudah harus dipotong-potong terlebih dahulu oleh orang lain yang berjenis kelamin pria. Ebuset gila!! Ape nih? Selain pisang dan ketimun, ulama itu juga memasukan wortel sebagai buah/sayuran yang mengarah bentuknya seperti penis dan tidak boleh dipegang oleh wanita. Dalam situs Bikya Masr, ulama tersebut ditanya bagaimana mencegah wanita mendekati pisang dan ketimun saat mereka berbelanja di pasar dan apakah memegang buah-buahan dan sayur-sayuran seperti itu di pasar dilarang untuk kaum perempuan. Ulama itu menjawab, hal tersebut adalah masalah antara sang wanita dan Allah SWT. Efek dari pernyataan ini apa dong? Ya jelas aja si ulama itu langsung menuai protes dari sejumlah warga muslim lain. Salah seorang mengatakan ulama tersebut mencoreng Islam. Bahkan ada pembaca yang menilai ulama tersebut seharusnya menanggalkan posisinya. Nyari sensasi kok hari gini? Sekarang mah yang penting bisa nyari kerjaan dan makan yang enak. Udah cukup. Pusing-pusing amat mikirin buah mirip penis, toh kan masih banyak penis-penis yang lain yang nganggur dan bergelimpangan. #eh

Selanjutnya adalah warga Madiun yang dihimbau untuk stay dirumah pada hari minggu ini daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah konvoi para pendekar. Entah udah berapa lama nih kayak gini, tapi kok masih aja terjadi ya? Padahal udah jaman iPad sama Android, lah kok masih eksis aja. Hambok ya kalo emang ada masalah diselesaikan secara musyawarah dan mufakat gitu, biar semua enak, semua tenang. Bergenggaman tangan lebih asik daripada saling berseberangan. Kalo ada yang belum tau ada apa sebenarnya, coba itu cek koran atau web-web informasi, disitu ada. Saya mah ga mau jelasin, takut salah ngomong, nanti jadi gimana gitu deh πŸ˜€

Udah, sekian ulasan berita seminggu ini dari saya. Tambahan, Real Madrid kembali kalah dari Barca, terus JUVENTUS menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di daratan Eropa. Doakan posting ulasan berita ini bisa datang tiap minggu ya!

SEKIAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s