Web tentang Madiun, Bijimana?


Ini semua bermula dari mas Karel Anderson yang ngomong kalo susah banget nyari info hotel di Madiun. Beberapa kali mas Karel browsing internet untuk nyari rekomendasi hotel di Madiun, eh malah ga dapet jawaban yang memuaskan. Malahan yang punya nama bilang kalo ada web salah satu hotel di Madiun yang tidak terurus sama sekali. Ah, ga bagus banget nih untuk promosi kota Madiun kedepan. Itu baru mas Karel yang jadi korban, yang notabene orang Madiun juga. Pijimana kalo sampe orang lain yang emang niat liburan ke Madiun ngerasain hal yang sama? *oke katakanlah ini lebay, tapi bener begitu keadaannya*

Selain hal diatas, saya emang udah dari dulu sih berniat pengen bikin web soal Madiun yang isinya ya apa aja yang ada di Madiun dan sekitarnya. Ya wisatanya, hotelnya, tempat hiburannya, tempat-tempat kuliner dan segala macem. Pokoknya sekali pencet, nongol semua deh tuh info-info soal Madiun. Cuma selama ini yang jadi kendalanya adalah orang-orang yang sepemikiran sama saya. Orang-orang yang tidak money oriented, meskipun bisa saja kedepannya rencana ini bisa mendatangkan uang. Tapi diawal kan sangat ga mungkin banget, tetep kudu babat alas dulu. Jadi deh rencana membuat web soal Madiun itu tertahan beberapa bulan lamanya #tsaaah sampe akhirnya kelas Akademi Berbagi Madiun kemaren yang ngedatengin mas Karel sebagai pemateri. Yang dateng kebanyakan blogger seputaran Madiun, karena tema yang diberikan sama Karel itu tentang blogging. Nah, dapet deh temen blogger banyak nih. Jujur ya, tadinya saya ga tau ada sebanyak itu blogger-blogger di daerah Madiun (termasuk Ponorogo, Magetan, Ngawi, dll). Beuh, seru dah!!

Akhirnya ide yang sempet lama kependem, balik lagi dah tuh. Iseng-iseng saya umbar aja lagi itu ide; soal bikin web Madiun. Eh untungnya tanggepannya oke, kalo ga bisa dibilang adem aja. Kok adem? Ya mayoritas bilang kalo di daerahnya masing-masing udah ada web sendiri untuk promosi kotanya semisal Magetan dan Ponorogo. Ya kenapa ga malah disatuin? Atau kalo memang susah, mereka jadi kontributor aja tentang kota mereka sendiri, nanti dipublish di web tentang Madiun ini. Toh kan karesidenan juga bisa masuk. Jadi nanti web itu berisi info tentang Madiun, Ponorogo, Ngawi, Magetan bahkan Pacitan juga bisa masuk. Tujuannya apa? Memudahkan pencarian tentang apa pun, diulang, APA PUN, yang ada di kota itu. Soal nanti akhirnya dapet duit, itu mah perkara nanti. Yang penting dijalanin aja dulu. Berkaca sama apa yang sudah dilakukan di kota lain, mereka akhirnya bisa kok nyari duit dari web tentang profil kota mereka. Kita pun bisa. Semoga.

Jadi, intinya, bijimana kalo kita bikin web yang isinya segala hal yang berkaitan dengan Madiun? Baik itu hotel, tempat wisata, rumah makan, toko, hiburan, dll? Dan ini ga cuma Madiun aja, tapi eks-Karesidenan Madiun. Bisa Ngawi, Ponorogo, Magetan, juga Pacitan. Kalo emang mau, hayuuuk bikin bareng-bareng. Udah saatnya kan kita memajukan kota kita sendiri.

Yuk ah! šŸ˜€

 

Iklan

7 responses to “Web tentang Madiun, Bijimana?

  1. ayo wujudkan demi semakin mendukung publikasi ttg APAPUN yg ada di madiun… dijamin gak ada habisnya. palagi bentar lagi Suncity Festival buka ni di jl.s.parman (sblh utara carefour mdu) jdi pasti padet deh publishnya… salam sukses aja…cayo bt madiun kota tercinta..

  2. Kekonsistenan, memang suatu kendala, saya sendiri merasakan masih amat sulit untuk konsisten. Entah karena menjadi malas atau kadang tidak ada waktu (yang alasannya sok sibuk ini, sok sibuk itu) saya sudah jarang menulis, tapi kerinduan menulis itu ada, tapi tidak tahu apa yang akan ditulis. Blog2 yang saya buat pun sudah tidak terurus.
    untuk bisa membuat tulisan tentang suatu perjalanan wisata, tentunya kita juga merasakan, mendatangi tempat tersebut. Kembali lagi pada permasalahan ada waktu tidak? mungkin ada teman tidak? (jika sendiri rasanya kurang enak, walapun kadang butuh sendiri) yang terakhir tentu butuh dana untuk mendatangi tempat2 tersebut. Dana sebenarnya tidak begitu banyak dikeluarkan jika hanya mendatangi tempa2 disekitar madiun saja. Mungkin yang jadi masalah bagi saya waktu dan teman, serta mengeyahkan rasa malas untuk keluar rumah karena cuaca yang cukup panas.
    Curhat sebentar: beberapa waktu yang lalu saya mendatangi sendiri tempat yang 5 tahun lalu saya datangi pertama kali, daerah kabupaten madiun sebelah timur. Tempat tersebut ada potensi wisatanya, namun tidak bigitu mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. Saya mengumpulkan keberanian saya untuk mendatangi tempat itu sendiri. Tempat tersebut tempat kenangan saya, dan beberapa teman-teman saya selama 1 bulan berada di tempat itu; menyenangkan dan juga menyakitkan. Saya melewati jalan yang saya lewati, melewati rumah yang saya pernah tempati 1 bulan, 5 tahun yang lalu. Saya hanya bisa melewati saja, rasanya haru. Ingin waktu itu saya potret2 sekitar tempat itu, pemandangannya bagus. Tapi karena saya datang sendiri saya tidak sempat untuk melakukannya. Mungkin saya akan datang lagi ketempat tersebut bersama teman saya jika ada waktu yang tepat.

  3. wah… yang ini aku juga tertarik. Masih cuma dalam pikiran beberapa bulan yang lalu, tapi hanya suatu blog. Merealisasikannya masih butuh waktu yang tepat, tentunya juga butuh dana…

    • sudah hampir terealisasi kok. insya Allah dalam minggu-minggu ini sudah ada. kalo memang mau ngedukung, boleh. kita lagi butuh bantuan kontributor tulisan gitu. tentunya untuk saat ini belum bisa kasih materi dulu šŸ˜€

  4. setuju, mungkin orang dalam akber madiun bisa memulai aksi ini.. kita maksimalkan semua program ini baru benar2 kita jalankan, pengalaman soal ginian sih sampai ditengah jalan pada bubar, butuh konsistensi dan pengorbanan waktu.
    kalau jadi mungkin saya bisa bantu soal ndisen webnya :Da

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s