Dimangsa atau Memangsa?


“Every morning in Africa, a Gazelle wakes up. It knows it must run faster than the fastest lion or it will be killed. Every morning a Lion wakes up. It knows it must outrun the slowest Gazelle or it will starve to death. It doesn’t matter whether you are a Lion or a Gazelle… when the sun comes up, you’d better be running.”

– Christopher McDougall, Born to Run: A Hidden Tribe, Superathletes, and the Greatest Race the World Has Never Seen.

Beberapa minggu ini, terutama saat memasuki bulan Februari, entah mengapa saya diliputi rasa malas dan pesimis dalam diri. Terlalu malas tuk memulai sesuatu, terlalu pesimis dengan apa yang akan saya hadapi. Seakan hilang semangat dan motivasi. Suatu aikap yang harusnya jauh-jauh saya buang dari diri saya.

Dunia terus berputar, waktu terus berjalan tak peduli apa yang terjadi pada saya, kita. Pilihannya cuma ikut berjalan bersama waktu, atau kalah. Ikut memutari dunia atau tertinggal. Jika tak ingin tertinggal, maka bergegas.

Keyakinan itulah yang akhirnya menumbuhkan kembali motivasi saya. Benar, beban dan masalah saya banyak, yang membuat saya selalu memikirkannya. Tapi masalah tidak akan pernah selesai jika hanya dipikirkan. Masa depan tidak akan baik jika tidak diperbaiki mulai dari sekarang.

Apa yang saya lakukan? Berpikir dan merencanakan. Berencana sambil menyusun langkah. Merealisasikan. Membuat nyata. Kesampingkan hambatan, jadikan kelebihan. Motivator terbaik adalah diri sendiri. Setidaknya itu yang saya percaya.

Seperti kata Christopher McDougall, pilhannya hanya dua. Menjadi singa atau gazelle. Dimangsa atau memangsa. Siap atau tidak. Kalah atau menang. Hidup atau mati?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s