Madiun (Bisa) Bikin Pameran Seni, kok!


BISc5GQCAAAtM3N

Jadi ceritanya, hari Sabtu, 20 April 2013 kemaren, saya ngeMC di acaranya @kitamuda_madiun. Acara yang saya bilang sih konsepnya seru dan bagus. Pas awal diajakin gabung, panitianya sih cuma ngomong kalo acaranya hanya pameran dan ngobrol bareng sama temen-temen dari ICW yang dibawain sama Lola sama Sigit, plus acara ringan lain semacam akustikan sama komedian gitu. Oke. Saya pikir acaranya bakal sama kayak acara-acara lain yang pernah saya MCin. Tapi ternyata pas saya dateng hari Sabtunya, yang saya liat adalah sebuah pemandangan keren.

Keren? Iya, keren. Penataan karya-karya yang akan dipamerkan memang keren. Dekorasinya pun bagus. Ini serius. Dan konsep acaranya pun bagus. Tolak ukur saya bilang keren apa? Begini, panitia ngomong kalo ini adalah kali pertama mereka mengadakan acara semacem ini. Itu kenapa saya bilang keren. Situ ga tau? Wah, maafin saya juga belum bisa memberikan gambar. Masih menunggu dari pihak panitia #ngeles

Selain itu juga, untuk acara yang baru pertama kali dibikin, event bertajuk “Berani Jujur Hebat!” ini tergolong sukses dari segi penonton yang dateng. Sempet down juga karena pas siang sepi pengunjung, tapi kondisi itu tertutupi menjelang malem. Rame, bro!

Lagi, hitungan rame di sini tarafnya untuk sebuah acara yang masih baru banget di bikin di Madiun. Kok? Iya, setahu saya (CMIIW), acara pameran seni yang dibarengi sama diskusi yang baru pertama ini yang ada di Madiun. Sebelumnya belum pernah. Nanti kalo fotonya udah masuk ke email saya, situ saya tunjukin deh. Keren, kok!!

BTW, segitu dulu pendahuluannya. Yang sebenernya mau saya tebalkan di tulisan ini adalah, sebenernya Madiun (anak-anak muda khususnya) mampu kok membuat pameran/galeri seni yang keren dan bagus. Buktinya? Ya event @kitamuda_madiun kemarin itu. Terus kenapa dari dulu ga ada? Entah. Dan akankah ke depan bakalan ada acara semacam ini lagi? Kalo saya punya keyakinan sih, pasti. Pasti bakalan ada acara semacam ini lagi.

Ya masa kita kalah kreatif sama kota tetangga? Sebut saja Solo, Semarang atau Jogja. Mereka rutin, hampir sebulan sekali, mengadakan pameran seni dengan berbagai tema. Beberapa diantaranya bahkan disertai akustikan, diskusi seni dan lainnya. Terus kendalanya apa? Dana? Kayaknya bukan. Ketidaktahuan mungkin. Mungkin ya. Atau gak pede.

Konsep dana kan bisa patungan, soal tempat bisa memanfaatkan tempat yang ada–di beberapa kota malah memanfaatkan kos-kosan dan rumah kosong, apa lagi? Hiburan? Ambilah gitar dan mulai mainkan. Ga bisa bergitar? Ambilah hape bermusik dan sound dan mulai mainkan. Oke, katakan saya salah, karena saya tidak tahu apa-apa, namun bisalah ini dijadikan sebuah referensi kalau Madiun pun bisa membuat sebuah pameran yang keren.

Jangan dulu berpikir tentang income, berpikir tentang untung rugi. Just share aja dulu. Mengambil pelajaran dari kota lain, bahkan mereka sampai bisa mendapatkan perhatian dari pemkot dan media lokal. Iya, seriusan deh!! Ya tapi kan itu setelah mereka konsisten menjalankan project pameran mereka. Yoha, konsisten.

Tapi balik lagi, saya sih yakin kok, Madiun bisa. Di acara @kitamuda_madiun kemarin, karya-karya temen-temen Madiun ciamik semua kok. Ciamik banget malah. So, tunggu apalagi? Saya mah siap banget untuk ngebantuin. Banget Banget!!

Akhirnya, sori kalo ada kalimat sok tau, kata-kata ga genah atau apalah itu kiranya. Saya ga lagi macem-macem, just share my opinion to you. Harapannya, kota yang saya tinggali sekarang bisa keren, apalagi anak mudanya udah keren.

Salam spesial & makasih banyak buat temen-temen @kitamuda_madiun, ada Ilham, Kiki, Valiant, Dilla, Rendy, sama Alin juga. Ah, pokoknya semuanyaaaaa.. Makasih udah ngundang saya yang merepotkan ini :)))

So, ditunggu kabar lanjutnya. Kalo mau bikin pameran, mbok saya diajakin gituh. Bye!!

Tinggalkan Balasan

