Saya Ingin Kembali Bermain


Setahun kurang 2 bulan saya gak pernah buka-buka blog ini. Blog yang niatnya mau jadi tempat saya nulis semua hal yang ngeganggu otak mesum sehat saya. Tadinya punya niat bikin blog supaya bisa ngomentarin apa yang, menurut hemat saya, kurang baik.

Tapi malah saya yang kurang baik. Kurang baik dalam manajemen waktu dan niat, misalnya. Dan sangat hobi menunda, atau procrastination, begitu kata orang jaman sekarang. Padahal mah bilang aja menunda-nunda, pake bahasa bule segala. Biar gaya, barangkali.

Kelamaan saya gak lagi bermain-main sama kata-kata. Sampe akhirnya kira-kira 2 minggu lalu saya terusik dengan ucapan Dhancrut, temen saya yang maha single dan mencari pujaan. Dhancrut bilang, “Ray, benernya lo bagus tau kalo nulis cerpen-cerpen gitu.”.

Oh, saya tertohok. Saya keinget kalo 2 blog saya yang maha dahsyat, provokatrok ini dan blog cerita syahdu, udah lama gak ditengokin. Pun ditulisin.

Dari mulai ngerti baca buku sampe punya pacar satu, cita-cita saya pengen jadi penulis handal nan rupawan. Berniat menulis banyak novel dan tulisan. Tapi hilang seketika saat saya menetapkan pilihan menjadi budak kapitalis pekerja siang malam.

Saya sudah ingin menjadi penulis sejak saya mampu beli bukunya Ben Sohib dan Seno Gumirah Ajidarma. Saya kepingin jadi penulis saat saya tau, ketika aksi saya gak begitu nyata, tulisan saya mungkin dibaca. Saya udah ngebet jadi penulis semenjak saya tau, yo cuma nulis sing iso ngkei pakan aku, dudu liyane.

Tapi kenapa setelah saya bisa survive idup dari nulis (Copywriter itu nulis lho, meskipun lebih banyak main-main sama kreatif dan kawan-kawannya), saya malah jadi males nulis. Bahkan buat ngapdet blog pribadi aja malesnya kebangeten.

Kenapa? Pasti situh gak tau, kan? Lah yaiya, wong saya aja gak paham.

Oh gini mungkin. Saya kurang bermain, terlalu sibuk mengurusi tetek yang membuat bengek.

Saya terlalu sibuk mencukupkan kebutuhan dan melupakan kemauan. Butuhnya saya ya digaji tiap bulan. Maunya saya jadi penulis. Gitu, mosok kudu dijelasin -_____-”

Dan memang berasa. Sisi idealis saya pelan-pelan terkikis. Lah iya, wong lama ndak diraut. Sampe akhirnya 2 jam tadi saya niatin, malam ini kudu isa apdet tulisan di salah satu blog. Menunjukkan kalo saya eksis, menunjukkan kalo saya pengen main. Dan terjadilah, saya kembali mengulang menjadi anak bawang yang pingin gabung main-main. Serius, jari saya kaku kalo kudu nulis blog begini, diksi saya jadi miskin, ide saya jadi tumpul. Lama ndak diasah.

Tapi mending toh? Daripada mung niat doang tapi gak berbuat?

Mungkin hal ini juga pernah handai taulan semua rasakan. Situ sibuk sama kerjaan, sibuk sama dunia, sibuk sama tuntutan tagihan bulanan sampe lupa keindahan bermain. Tentang jenis permainannya tergantung masing-masing. Saran saya sih gampang, sempetin bermain, apapun jenis permainan yang situ senengin. Nikmatin waktu yang udah situ sisihin buat bermain tanpa gangguan apa-apa.

Sama kayak jaman kecil dulu. Ada saat buat sekolah, sore-sore kita main-main. Kapan berhenti? Nanti, pas ibu atau nenek mulai manggil pulang karena Maghrib. Begitu pun sekarang. Main saat waktunya, kembali pulang ketika matahari terbenam.

Btw, beda lho bermain-main sesuka hati dengan menghamburkan uang. Lek yang terakhir itu sih ndak penting tapi kudu. Ben status sosial jadi naik, tapi gak dapet badge. Lah kan gak lagi main The Sims.

Segitu dulu. Saya sudah dipanggil untuk berhenti bermain. Menjelang Subuh, dalam beberapa jam lagi harus mulai bersaing dengan ratusan kepala di jalanan Ciledug menuju tempat penafkahan.

Jangan lupa bermain, gaes!

Mimpi itu (mungkin) Tidak Menjadi Nyata


Juventus-Logo-Wallpaper-21

Buat yang sering baca blog dan twitter saya pasti ngerti banget kalo saya begitu cinta dan tergila-gila dengan Juventus, salah satu klub besar dunia. Dan, kalo situ termasuk yang update sama dunia sepakbola, pastinya juga tau kalo tanggal 6 Agustus 2014 nanti, Juventus akan mengadakan tur Asia dan Indonesia masuk ke dalam daftar tujuan.

Awal mendengar kabar itu, saya begitu bahagia. Bayangkan! 15 tahun menjadi fans si nyonya tua, ikut bahagia tiap kali Juventus merengkuh gelar scudetto, ikut menangis ketika Juventus terkena kasus dan jatuh ke Serie B dan haru saat menyaksikan kepergian Il Capitano, Del Piero yang pindah ke Liga Australia. Iya, sebegitu cintanya saya sama Juventus. Jelas, kunjungan Juventus ke Indonesia adalah satu hal yang sangat saya tunggu banget. Baca lebih lanjut

So long, 2013!


Tidak, postingan ini tidak akan saya isi dengan puluhan resolusi bullshit tahun baru yang menumpuk, yang akhirnya bersiap menjadi angin lalu. Bukan itu. Yang ingin saya tuliskan adalah tentang apa yang terjadi dan saya alami di 2013. Dan, seperti tahun-tahun sebelumnya, saya tetap merasa menjadi orang yang paling beruntung di dunia.

Iya, pada dasarnya saya memang selalu meyakini diri sendiri kalau saya adalah pribadi yang sangat beruntung. Konsep pemikiran itu saya masukkan jauh ke dalam otak, agar saya selalu menjadi orang yang bersyukur, meski tidak jarang saya merutuk. But, hey! Manusia gak ada yang sempurna, kan? Baca lebih lanjut

Gara-gara Yahoo! Mail


Beberapa hari yang lalu, atau hitungan minggu, saya sulit mengakses kotak surel saya yang menggunakan Yahoo! Entah kenapa. Begitu akhirnya bisa saya buka, yang saya dapati adalah hilangnya semua email. Jelas saya bingung, karena ada banyak email kerjaan, temen dan keluarga. Hilang semuanya. Terus yaopo?  Banyak banget temen yang bilang kalo saya kudu bikin akun email baru, pake Gmail. Yang namanya saya gak pernah pake Gmail dan terbiasa dengan Yahoo! mail, saya ogah. Wong udah enak di Yahoo! mail kok pake pindah. Kalo emang kudu hilang semua data, ya biarin. Yang penting saya betah sama si Yahoo! mail. Tapi ya gak bisa begitu jeh. Tetep kudu pindah. Mengurangi potensi email saya dibobol orang (sudah 4 kali email saya di Yahoo! di hack orang), dan mengurangi kejadian kayak begini. Oke. Bikin email baru pake Gmail. Masalah selesai. Baca lebih lanjut

Tentang jodoh, dijodohkan dan supir taksi.


Seperti beberapa postingan saya yang lalu, kali ini saya hadir lagi dengan postingan semi wawancara. Kali ini seorang supir taksi menjadi “korban” wawancara saya. Eng.. semi wawancara sih. Atau apalah itu. Intinya, saya ngobrol.

Kira-kira minggu lalu, setelah ketemu orang di daerah Senayan, saya memutuskan naik taksi menuju tujuan saya selanjutnya karena eh karena, mendung sudah membuat gelap suasana sore yang seharusnya indah. Ejiyeh, bahasanya :))

Gak begitu lama nunggu di pinggir jalan dengan tampan, saya berhentiin taksi putih. Naiklah saya. Di dalem taksi, saya agak kaget. Tumben banget ini ada supir masih muda dan kece. Untung saya ganteng, jadi gak takut kalah saing. Baca lebih lanjut

Out op De Boks, mas.


Bukan cuma situh, saya juga kadang suka takut dan parno sendiri ketika harus keluar dari zona nyaman yang ada di hidup saya. Cuma terkadang, akhirnya kita sampe di sebuah pilihan, mau nyaman tapi gak berkembang atau mau mencoba dengan kemungkinan-kemungkinan yang pasti terjadi. Kalo sukses ya syukur, kalo gagal? Ya jangan berenti. Idup bukan cuma tentang kegagalan dan kalah, tapi tentang gagal dan berusaha untuk bangkit. Ahem.

Jadi ceritanya, hari Rabu kemaren (16 Oktober 2013) saya ke Jakarta naik bis. Nah, di bis ini saya duduk sama seorang pria yang naik dari Ngawi. Karena saya gak sempet kenalan, sebut aja si Mas ini dengan panggilan Bunga Joko. Saya sama si mas Joko ini ngobrol lumayan banyak, meskipun diawali dengan basa-basi yang sempet bikin saya males. Sampe akhirnya iseng saya tanya apa yang mas Joko ini kerjain di Jakarta. Dia bilang, dia punya usaha bengkel yang cukup besar di Bekasi. Hwoooogh.. Keren, sodara-sodara!! Saya aja yang orang Jakarta malah gak bisa bikin usaha di tempat lahir sendiri, lah ini jauh-jauh dari Ngawi malah bisa punya usaha. Salut. Baca lebih lanjut

Get Lost!


Ceritanya, beberapa waktu ini saya kepikiran banget tentang pergi ke suatu tempat yang bener-bener baru. Suatu daerah yang belom pernah saya datengin sebelumnya. Ketemu orang baru, budaya baru, makanan baru, semuanya yang baru. Seru kayaknya, ya? Buat saya sih, seru. Pergi ke tempat yang sebelumnya cuma bisa liat di peta atau diceritain temen, mencoba untuk bersosialisasi lagi. Semacem ada tantangan gitu kan ya?

Dan ceritanya, pas malem minggu kemaren, iseng saya ngetuit soal bayangan saya itu. Eh, beberapa orang menyambutnya, salah satunya ada temen saya @dobelden. Ternyata kita sama-sama mikirin hal itu, get lost. Cuma, si kang Den ini lebih gila lagi idenya, dia malah pengen berkeliling ke berbagai kota di Indonesia. Keren ga, tuh? Saya jadi pengen tuh. Mulai jalan dari Aceh terus finish di Papua. Mampir di tiap kota, sekedar kenal sama kota dan orang-orangnya. Sampai akhirnya, bayangan itu menciut ketika akhirnya sampe di… dana. Baca lebih lanjut